RANCANGAN
PELAKSAAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SEKOLAH DASAR
Kelas/semester :
1 (satu) / 1 (satu)
Tema/sub tema :
Diriku (1) / Aku dan teman baru (1)
Pembelajaran ke : 6 (enam)
A.
Kompetinsi
Inti
KI.1
Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Memiliki perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
KI.3 Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain
KI.4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetinsi dasar
Matematika
3.2. Mengenal bangun
datar dan bangun ruang menggunakan benda-banda yang ada disekitar rumah, sekolah,
atau tempat bermain
4.5. Menbentuk dan
menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada
Bahasa Indonesia
3.4. mengenal teks
cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan
teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyayian
SBDP
3.1. Mengenal cara
dan hasil gambar ekspresi
4.1. menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk bardasarkan hasil mengamatan dilingkungan sekitar
C. Indikator
Matematika
3.2.1. Menunjukan
benda-benda disekitar yang berbentuk dasar segi empat
3.2.2. menunjukan
benda-benda disekitar yang berbentuk dasar lingkaran
4.5.3. menggambar
berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
Bahasa Indonesia
3.4.1. Menceritakan
hasil gambar yang dibuatnya didepan kelas
4.4.2. Menyampaikan
hasil pengamatan sesuai bentuk benda
SBDP
3.1.1. Menentukan bentuk baru yang akan digambar
4.1.2. Menggambar
bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan kegiatan mengamati, siswa
dapat mengedentifikasi benda-benda berbentuk lingkaran dengan benar.
2.
Setelah mengamati lingkaran sekitar
siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran
dengan lancar.
3.
Dengan penungasan dari guru, siswa
dapat membuat gambar dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
4.
Dengan kegiatan menggambar, siswa
dapat menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar
5.
Dengan menggambar siswa bisa
membentuk lingkaran dan segi empat .
6.
Dengan mendengarkan penjelasan guru
mengenai bangun datar siswa mampu menunjukan benda-benda disekitar yang
berbentuk dasar segi empat.
7.
Dengan mengidentifikasi siswa dapat
menceritakan hasil gambar yang dibuatnya didepan kelas.
E. Materi
Ajar
Materi ajar terlampir di lampiran
F. Alokasi
Waktu
6 x 3O Menit
G. Pendekatan
dan Metode
1. Pendekatan : -
-
Scientifie
2.
Metode : - Demonstrasi
-
Tanya Jawab
-
Observasi
-
Berkelompok
H. Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DEKSKRIPSI
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pembukaan
|
1.
Guru
mengucapkan salam
2.
Siswa
memulai kegiatan dengan berdoa
3.
Guru
mengapsen /mengecek kehadiran
4.
Guru
mengecek persiapan belajar
5.
Guru
menyiapkan media dan alat belajar
6.
Guru
melakukan apersepsi: dengan bertanya pengiring :
|
15
menit
|
Inti
1
|
1.
Guru
menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
2.
Siswa
diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar dihalaman
buku siswa.
3.
Siswa
diminta memberikan contoh benda-benda berbentuk lingkaran yang mereka tahu.
4.
Kemudian,
siswa diminta membentuk kelompok.
5.
Masing-masing
kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran dikelas atau diluar kelas.
6.
Setelah
waktu pengamatan selesai,
masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
7.
Setelah
semua kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan
konsep yang baru saja dipelajari.
8.
Siswa
juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.
|
70
menit
|
Istirahat
|
15 menit
|
|
Inti
2
|
1.
Guru
mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat yang baru
saja dipelajari.
2.
Siswa
diminta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat secara
berkelompok.
3.
Setelah
selesai, siswa menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
4.
Setelah
kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan
menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang akan dibuat, dan
menjelaskan mengenai gambar apa,yaitu maksud dan arti.
5.
Kelompok
lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja
temannya.
6.
Kelompok
yang diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
7.
Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya.
8.
Kegiatan
ditutup dengan diskuisi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling
menhargai karya teman.
|
65
menit
|
Penutup
|
1.
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan.
2.
Melakukan
refleksi.
3.
Bertanya
jawab tentang materi yang dipelajari.
4.
Mengakhiri
pelajaran dengan doa dan salam.
|
15
menit
|
I. Penilaian
● Penilaian observasi ( pengamatan)
Lembar pengamatan
berbagai benda berbentuk lingkaran.
No.
|
Kriteria
|
Terlihat [ √ ]
|
Tidak
terlihat [ √ ]
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruktur guru.
|
...............
|
..............
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam kegiatan.
|
..............
|
..............
|
3
|
Siswa
dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran secara kelompok.
|
..............
|
.............
|
4
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
|
..............
|
..............
|
●
Penilaian unjuk kerja
Rublik pengamatan dan menceritakan gambar
dan kelompok.
No.
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
bimbingan
1
|
1
|
Kerja
sama
Kelompok
|
Seluruh
anggota tubuh kelompok berpartisipasi aktif.
|
Setengah
atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif .
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif.
|
Seluruh
anggota kelompok harus kelihatan pasif.
|
2
|
Kualitas
hasil
|
Objek
gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
Ada
tambahan hiasan dan pewarna.
|
Objek
gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
Tidak
ada gambaran dan hiasan.
|
Objek
gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja).
Ada
tambahan hiasan dan pewarna.
|
Objek
gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja).
Tidak
ada tambahan hiasan dan pewarna.
|
3
|
Kemampuan
menceritakan
gambar
|
Perwakilan
kelompok menceritakan gambar mencangkup dua aspek (informasi yang faktual
imajinatif ).
|
Perwakilan
kelompok menceritakan gambar hanya dari aspek faktual atau imajinasi saja.
|
Perwakilan
kelompok menceritakan gambar hanya menyebutkan nama gambar saja.
|
Perwakilan kelompok belum mampu menceritakan gambar.
|
Rumus perhitungan sebagai :
Nilai siswa :
Keterangan :
-
Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah
kreteria 1 dan kruteria 2.
-
Skor ideal adalah perkalian dari
banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.
J.
Sumber dan alat bantu belajar
1.
Alat dan bahan
A. Siswa
itu sendiri
B. Suasa
alam
C. Kertas
HVS
D. Kertas
karton
E. Pensil
F. Pengaris
G. Lem
H. Penghapus
2.
Sumber belajar
Lubna assagaf, Iba Muhibbah, Nurhasanah, dkk, (2013). Tema 1 Diriku Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. (cetakan ke-1). Jakarta :
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan.
Gambar lingkaran dan
persegi empat ( mengenal lingkaran,dan persegi empat.
Pontianak
, April 2014
Mengetahui,
Mahasiswa FKIP PGSD
Dosen
Dra. K.Y. Margiyati, M.Si
Sri Rahayu
NIP.
19531216 198003 200 1
F32112005
K.
Lampiran
Mengenal Bentuk Lingkaran
Disekitar ada berbagai benda
Bermacam-macam bentuknya
Kamu sudah mengenal lingkaran dan persegi empat
Sekarang kamu akan mengenal
lingkaran.
Temukan bentuk lingkaran dikelasmu.
Kamu sudah mengenal segi empat
Kamu juga mengenal lingkaran
Buatlah Gambar
Dari Segi Empat dan Lingkaran
Ceritakan
gmbarmu di depan kelas
Play online casino site - ChoicesCasino
BalasHapusChoicesCasino casino is a casino which provides players with the best in gaming products. This worrione casino also offers choegocasino a 100% deposit match 온카지노 up to $500.