PORSENI PGSD UNTAN

PORSENI PGSD UNTAN

Kamis, 26 Juni 2014

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN




RANCANGAN PELAKSAAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  :  SEKOLAH DASAR
Kelas/semester                        : 1 (satu) / 1 (satu)
Tema/sub tema                        :  Diriku (1) / Aku dan teman baru (1)
Pembelajaran ke                      :  6 (enam)

A.    Kompetinsi Inti
KI.1 Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
KI.3  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
KI.4  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetinsi dasar
Matematika
3.2.    Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-banda yang ada disekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.5.    Menbentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
Bahasa Indonesia
3.4.    mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4.    Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyayian
SBDP
3.1.    Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1.    menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk bardasarkan hasil mengamatan  dilingkungan sekitar
C.   Indikator
Matematika
3.2.1. Menunjukan benda-benda disekitar yang berbentuk dasar segi empat
3.2.2. menunjukan benda-benda disekitar yang berbentuk dasar lingkaran
4.5.3. menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
Bahasa Indonesia
3.4.1. Menceritakan hasil gambar yang dibuatnya didepan kelas
4.4.2. Menyampaikan hasil pengamatan sesuai bentuk benda
SBDP
3.1.1. Menentukan bentuk baru yang akan digambar
4.1.2. Menggambar bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran

D.    Tujuan Pembelajaran

1.      Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengedentifikasi benda-benda berbentuk lingkaran dengan benar.
2.      Setelah mengamati lingkaran sekitar siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran dengan lancar.
3.      Dengan penungasan dari guru, siswa dapat membuat gambar dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
4.      Dengan kegiatan menggambar, siswa dapat menceritakan hasil gambar yang dibuat dengan lancar
5.      Dengan menggambar siswa bisa membentuk  lingkaran dan segi empat .
6.      Dengan mendengarkan penjelasan guru mengenai bangun datar siswa mampu menunjukan benda-benda disekitar yang berbentuk dasar segi empat.
7.      Dengan mengidentifikasi siswa dapat menceritakan hasil gambar yang dibuatnya didepan kelas.



E.     Materi Ajar
Materi ajar terlampir di lampiran
F.     Alokasi Waktu
6 x 3O Menit
G.    Pendekatan dan Metode

1.      Pendekatan :     -
-          Scientifie
2.      Metode :           -      Demonstrasi
-          Tanya Jawab
-          Observasi
-          Berkelompok

H.    Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN
DEKSKRIPSI
ALOKASI
WAKTU






Pembukaan
1.      Guru mengucapkan salam
2.      Siswa memulai kegiatan dengan berdoa
3.      Guru mengapsen /mengecek kehadiran
4.      Guru mengecek persiapan belajar
5.      Guru menyiapkan media dan alat belajar
6.      Guru melakukan apersepsi: dengan bertanya pengiring :







15 menit



























Inti 1
1.      Guru menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari bentuk lingkaran.
2.      Siswa diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada gambar dihalaman buku siswa.
3.      Siswa diminta memberikan contoh benda-benda berbentuk lingkaran yang mereka tahu.
4.      Kemudian, siswa diminta membentuk kelompok.
5.      Masing-masing kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran dikelas atau diluar kelas.
6.      Setelah waktu  pengamatan selesai, masing-masing kelompok menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas.
7.      Setelah semua kelompok menyampaikan laporan guru melakukan konfirmasi dan penguatan konsep yang baru saja dipelajari.
8.      Siswa juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti kegiatan.



























70 menit

Istirahat
15 menit


























Inti 2
1.      Guru mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi empat yang baru saja dipelajari.
2.      Siswa diminta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat secara berkelompok.
3.      Setelah selesai, siswa menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
4.      Setelah kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang akan dibuat, dan menjelaskan mengenai gambar apa,yaitu maksud dan arti.
5.      Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
6.      Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima kasih.
7.      Setiap kelompok diberi kesempatan untuk saling membandingkan hasil kerjanya.
8.      Kegiatan ditutup dengan diskuisi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling menhargai karya teman.



























65 menit



Penutup
1.      Bersama-sama siswa membuat kesimpulan.
2.      Melakukan refleksi.
3.      Bertanya jawab tentang materi yang dipelajari.
4.      Mengakhiri pelajaran dengan doa dan salam.




15 menit


I.       Penilaian
● Penilaian observasi ( pengamatan)
   Lembar pengamatan berbagai benda berbentuk lingkaran.

No.
Kriteria
   Terlihat  [ √ ]
    Tidak
  terlihat [ √ ]
1
Siswa mampu mengikuti instruktur guru.

...............

..............
2
Siswa terlibat aktif dalam kegiatan.

..............

..............
3
Siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan benda-benda berbentuk lingkaran secara kelompok.

..............

.............
4
Siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.

..............

..............

● Penilaian unjuk kerja
   Rublik pengamatan dan menceritakan gambar dan kelompok.

No.

           Kriteria

  
  Baik sekali 
           4
      Baik
         3
    
    Cukup
       2
  
   Perlu bimbingan
         1


1


Kerja sama
Kelompok
Seluruh anggota tubuh kelompok berpartisipasi aktif.
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif .
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif.
Seluruh anggota kelompok harus kelihatan pasif.


2


Kualitas hasil
Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
Ada tambahan hiasan dan pewarna.

Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
Tidak ada gambaran dan hiasan.
Objek gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja).
Ada tambahan hiasan dan pewarna.

Objek gambar terdiri dari salah satu ( lingkaran atau segi empat saja).
Tidak ada tambahan hiasan dan pewarna.

3

Kemampuan
menceritakan
gambar
Perwakilan kelompok menceritakan gambar mencangkup dua aspek (informasi yang faktual imajinatif ).
Perwakilan kelompok menceritakan gambar hanya dari aspek faktual atau imajinasi saja.
Perwakilan kelompok menceritakan gambar hanya menyebutkan nama gambar saja.
Perwakilan  kelompok belum  mampu menceritakan gambar.

Rumus perhitungan sebagai  :
Nilai siswa :
Keterangan :
-          Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah kreteria 1 dan kruteria  2.
-          Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi.

J.      Sumber dan alat bantu belajar
1.      Alat dan bahan
A.    Siswa itu sendiri
B.     Suasa alam
C.     Kertas HVS
D.    Kertas karton
E.     Pensil
F.      Pengaris
G.    Lem
H.    Penghapus




2.      Sumber belajar
Lubna assagaf, Iba Muhibbah, Nurhasanah, dkk, (2013). Tema 1 Diriku Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. (cetakan ke-1). Jakarta :
      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
                        Gambar lingkaran dan persegi empat ( mengenal lingkaran,dan persegi empat.














Pontianak ,    April 2014

             Mengetahui,                                                              Mahasiswa FKIP PGSD
                 Dosen
 

Dra. K.Y. Margiyati, M.Si                                                            Sri Rahayu
NIP. 19531216 198003 200 1                                                          F32112005










K.    Lampiran
Mengenal Bentuk Lingkaran

Disekitar ada berbagai benda
Bermacam-macam bentuknya
Kamu sudah mengenal lingkaran dan persegi empat
Sekarang kamu akan mengenal lingkaran.









Temukan bentuk lingkaran dikelasmu.






Kamu sudah mengenal segi empat
Kamu juga mengenal lingkaran
       Buatlah Gambar Dari Segi Empat dan Lingkaran





                                                                                         







Ceritakan gmbarmu di depan kelas






1 komentar:

  1. Play online casino site - ChoicesCasino
    ChoicesCasino casino is a casino which provides players with the best in gaming products. This worrione casino also offers choegocasino a 100% deposit match 온카지노 up to $500.

    BalasHapus